Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sarapan Sebaiknya 2 Jam setelah Bangun Tidur, Ini Alasannya

  • Oleh Teras.id
  • 14 Juli 2020 - 11:50 WIB

TEMPO.COJakarta - Bagi sebagian orang, sarapan adalah waktu makan terpenting sepanjang hari. Sebab, sarapan yang sehat membantu memulai hari dengan energi yang cukup. Tapi, banyak orang yang tak tahu kapan waktu sarapan yang paling tepat. 

Banyak orang yang langsung sarapan begitu bangun tidur, apalagi jika bangun terlambat. Tapi ternyata itu tidak disarankan. Pakar diet di Philedelphia, Amerika Serikat, Theresa Sank, merekomendasikan sarapan setelah dua jam dari bangun tidur.

"Makan di dalam jendela ini menentukan nafsu makan yang sehat dan gula darah yang stabil sepanjang hari," kata Shank.

Ketika gula darah sedang tidak stabil, kebanyakan orang memiliki nafsu makan lebih banyak.

Tapi jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes, kadar gula darah yang stabil lebih penting. Jadi, jeda bangun tidur dengan waktu sarapan bisa lebih dipersingkat untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Jika Anda seorang pencinta gym dan lebih suka berolahraga di pagi hari, makanlah sesuatu yang ringan seperti pisang atau roti bakar, setidaknya setengah jam sebelum berolahraga.

Menurut penelitian oleh Universitas Harvard, jika tidak makan pada waktu yang tepat, akan sulit untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Bahkan jika Anda mengikuti puasa intermiten, jarak antara makan malam dan sarapan Anda tidak boleh lebih dari 12-14 jam. Jika melebihi waktu itu, upaya penurunan berat badan sulit tercapai.  

Penelitian ini mendukung fakta bahwa berpuasa selama 12 jam antara makan malam dan sarapan sangat baik untuk pencernaan makanan yang lengkap. Memiliki celah waktu ini juga meningkatkan kualitas tidur dan membantu menjaga ritme kardinal.

Makan sarapan pada waktu yang tepat membantu menjaga berat badan normal Anda, mengatur kadar gula darah Anda, membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol dan membantu Anda tampil lebih baik di siang hari.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru