Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Trending Bisnis: 5 Fakta Uang Baru Rp 75.000; Erick Thohir Banggakan Rich Brian

  • Oleh Teras.id
  • 19 Agustus 2020 - 12:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Berita trending ekonomi dan bisnis sepanjang Selasa, 18 Agustus 2020, dimulai dari lima fakta uang baru Rp 75.000 dan Kemenhub kembalikan penerbangan jet dari bandara Kertajati ke Bandung. 

Selain itu, ada juga Erick Thohir banggakan Rich Brian sebagai musisi global dan penyebaran uang baru Rp 75.000 di Sulawesi Tenggara. Berikut berita trending ekonomi dan bisnis sepanjang Selasa kemarin:

1. 5 Fakta Mengenai Uang Baru Pecahan Rp 75.000, Apa Saja

Bank Indonesia atau BI resmi menerbitkan uang baru peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Uang khusus ini berjenis uang kertas pecahan Rp 75.000 dengan tahun emisi 2020.

Uang ini dicetak dalam jumlah yang terbatas, yaitu 75 juta lembar. Masyarakat yang ingin mendapatkan uang edisi khusus tersebut bisa mulai menukarkan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB.

Tempo mencatat sedikitnya lima fakta mengenai uang khusus kemerdekaan ini.

2. Alasan Kemenhub Kembalikan Penerbangan Jet dari Bandara Kertajati ke Bandung

Kementerian Perhubungan mengembalikan sejumlah penerbangan maskapai niaga berjadwal jenis jet dari Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati ke Bandara Husein Sastranegara Bandung mulai 20 Agustus 2020. Kebijakan itu berkaitan dengan upaya pemerintah meningkatkan kembali animo masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

"Karena kondisi performance maskapai drop banget. Kami mau picu lagi supaya kembali seperti semula, namun bertahap," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto saat dihubungi Tempo, Selasa, 18 Agustus 2020.

Novie menjelaskan, saat ini performa pergerakan penumpang maskapai baru menyentuh 48 persen secara nasional. Dengan pemindahan penerbangan ini, Novie berharap masyarakat yang ingin melalukan perjalanan ke Bandung atau keluar dari Bandung dipermudah.

3. Banggakan Konten Nasional Mendunia, Erick Thohir Sebut Rich Brian dan Niki

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membanggakan popularitas beberapa musisi Indonesia yang mampu memanfaatkan peluang hingga bisa mendunia.

Dalam wawancaranya dalam acara Nusantara Fashion Festival 2020, Erick Thohir menyebutkan pihaknya sangat mendukung produk konten nasional disebarluaskan hingga ke mancanegara. 

“Nih, kemarin, banyak sekali artis Indonesia lagi naik daun di Amerika seperti Weird Genius, ada Rich Brian dan NIKI,” ungkapnya, Ahad 16 Agustus 2020.

4. Bank Indonesia Sebar 200 Ribu Lembar Uang Baru Rp 75.000 di Sulteng

Bank Indonesia (BI) memberikan jatah 200 ribu lembar uang baru pecahan Rp75.000 untuk wilayah Sulawesi Tengah. Secara nasional, uang baru untuk memperingati HUT ke-75 RI ini hanya diproduksi 75 juta lembar. 

“Setiap orang di Sulteng yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menukarkan satu lembar uang pecahan Rp75.000 edisi khusus HUT ke-75 RI. Jadi satu KTP untuk satu lembar uang tersebut,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulteng Abdul Majid Ikram di Palu, Senin, 17 Agustus 2020.

Namun kuota tersebut, lanjutnya, bisa bertambah jika antusiasme masyarakat yang ingin memperoleh uang yang hanya dicetak sekali itu tinggi. Apalagi Bank Indonesia tidak memperbolehkan uang tersebut diterima lebih satu lembar tiap orang. (TERAS.ID)

Berita Terbaru