Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUA Kecamatan Bataguh Optimalkan Pelayanan Nikah di Luar Kantor

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Agustus 2021 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bataguh mengoptimalkan pelayanan nikah di luar kantor. Seperti yang dilakukan Kepala KUA Kecamatan Bataguh, Nasrullah. 

Dia menjalankan layanan nikah sepasang calon pengantin yang berada di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, meski harus menggunakan perahu untuk menuju lokasi.

Ia menjelaskan, pelayanan prima nikah di luar kantor sudah menjadi kewajiban dalam memberikan layanan baik itu dekat maupun jauh, yang mana menuju lokasi dengan jarak tempuh terbilang jauh dari KUA Kecamatan Bataguh.

Kendati demikian, tak membuat pihaknya patah semangat dalam memberikan layanan apalagi akses yang ditempuh mengharuskan menggunakan perahu.

“Geograpis wilayah Kabupaten Kapuas yang banyak sungai membuat akses menuju lokasi catin mengharuskan menggunakan perahu kapal motor, kalau bahasa orang banjar kalotok," kata Nasrullah, Kamis, 5 Agustus 2021.

Dia melanjutkan, perjalanan cukup jauh karena memakan waktu 2 jam.  Ditambah dengan kondisi gelombang di sungai yang cukup besar apabila berpapasan dengan perahu lain. Hal itu menjadi tantangan tersendiri dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Sembari menuju lokasi catin kurang lebih 2 jam perjalanan, kita syukuri dengan menikmati indahnya sungai sepanjang perjalanan," tuturnya.

Sebenarnya, lanjut dia, untuk menuju lokasi Desa Terusan Raya bisa saja menggunakan taksi angkutan laut yang hanya bisa sekali jalan sampai tujuan dan hanya tersedia satu kali dalam sehari. Hal itu tentunya membuat pihaknya harus menginap apabila menggunkan taksi dan itu akan mengganggu layanan.

Karena, sambungnya, untuk kembali ke kantor harus pagi. Itu pun kalau taksi ada. Oleh karena itu, pihaknya menggunakan perahu sendiri meski harus menghabiskan biaya transport sebesar 150.000 sebagai bensin perahu, tetapi pihaknya merasa senang atas tugas tersebut.

“Bisa memberikan pelayanan nikah kepada catin dan melihat sanak keluarga catin senang dan bahagia terlaksananya pernikahan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, lelah, letih dan panasnya terasa terbayarkan dengan senyum mempelai dan keluarga," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru