Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harapan Camat Kamipang saat Hadiri Peningkatan Kapasitas BPD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Juni 2022 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan melaksanakan peningkatan kapasitas badan permusyawaratan desa atau BPD di wilayah Kecamatan Kamipang, Senin 13 Juni 2022.

Acara ini diikuti semua BPD di wilayah Kecamatan Kamipang.  Pada kesempatan ini Camat Kamipang, Ade Irwan mengatakan BPD harus tau tugas dan fungsinya menjadi anggota BPD.

"Jangan sampai peristiwa yang lalu kembali terulang, yaitu  BPD melaporkan kepala desanya," ujarnya. Menurutnya sebetulnya hal itu tidak salah, namun harus dilihat prosedur dan tata cara penyampaian, misalnya ada hal - hal yang dianggap ada penyimpangan terhadap kepala desa, sebab tugas BPD di antaramya adalah melakukan  pengawasan.

Dia menuturkan BPD memiliki 3 tugas pokok yang perlu di ketahui, yakni membahas dan menyepakati peraturan desa.

Selanjutnya BPD mempunya tugas menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta pengawasan terhadap kenerja kepala desa.

Camat Kamipang mengatakan, diwilayah Kecamatan Kamipang ini banyak hal perlu dibenahi demi kemajuan desa dan kecamatan.

"Harapan kami peserta anggota BPD ini nantinya betul - betul mengikuti dan mencermati apa yang disampaikan narasumber dengan baik," katanya. 

Kepala Bidang Pemerintahan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Katingan,  Kurais mengatakan jika peningkatan kapasitas BPD se Kabupaten Katingan sempat tertunda karena pandemi Covid -19 di 2020 dan 2021.

Tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat tugas dan fungsi BPD dalam pemerintahan desa sangat penting dan tidak bisa dianggap enteng karena menpunya kedudukan sejajar dengan kepala desa.

"BPD penting, kepala desa penting, jika keduanya tidak ada singkronisasi maka akan terjadi masalah di desa, oleh karena itu kami tidak jenu jenunya memberikan pemahaman demi kelancaran roda pemerintaan desa," ujarnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru