Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keren! SD di Sampit ini Tanam Bawang Dayak dan Dijadikan Hand Sanitizer

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 21 Juni 2022 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Ketapang Sampit, Kotawaringin Timur, menelurkan peneliti cilik baru. Pasalnya, peneliti cilik itu telah berhasil menciptakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan bawang Dayak yang ditanam di lingkungan sekolah. 

Pembina Adiwiyata SDN 4 Ketapang Sampit, Asykuriah mengatakan, ide ini bermula saat tingginya kebutuhan akan cairan pembersih tangan di tengah pandemi virus korona lalu. 

"Lalu akhirnya tercetuslah ide untuk menciptakan hand sanitizer," katanya, Selasa, 21 Juni 2022. 

SD yang juga menyandang gelar sekolah Adiwiyata Nasional itu memang telah membudidayakan tanaman obat di sekolah sejak lama. Khususnya, tanaman obat bawang Dayak.

"Sudah sejak lama kami membudidayakan tanaman obat bawang Dayak di sekolah, bawang Dayak kami olah menjadi produk herbal dan cairan pembersih tangan," kata Asykuriah yang juga ketua program pembuatan produk inovasi di SDN 4 Ketapang itu. 

Pembuatan cairan pembersih dari bawang dayak di SDN 4 ketapang dibimbing oleh Sella Mega Utami selaku guru di SDN 4 Ketapang bersama 4 orang muridya yaitu, Nafisa Qirla Rindani, Jaelani, Aisyah Sifa dan Zakiyah. Mereka berinovasi meneliti cairan pembersih tangan bawang Dayak.

"Kami menggunakan bawang Dayak sebagai bahan campuran alami karena di sekolah kami produksi bawang Dayak melimpah. Serta bawang Dayak mengandung flavonoid, tanin, saponin yang  efektif membunuh virus yang bisa mengakibatkan flu," jelas Sella Mega. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru