Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapat PAKEM Mudahkan Komunikasi Atasi Gangguan Aliran Kepercayaan

  • Oleh Norhasanah
  • 23 September 2022 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Rapat Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) diharapkan dapat memudahkan komunikasi dalam mengatasi permasalahan yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan terkait aliran kepercayaan masyarakat.

"Dengan adanya rapar koordinasi ini untuk lebih memudahkan komunikasi antarinstasi, sehingga kedepan dengan adanya grup ini untuk mempermudah memecahkan masalah kalau ada yang timbul," kata Kepala Kejaksaan Sukamara, Suhartono selaku Ketua Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM), Kamis, 22 September 2022.

Menurut dia, PAKEM memang sudah ada sejak lama, hanya saja kegiatan secara resmi dengan mengumpulkan semua instasni yang terkait baru pertama kali dilakukan, dengan harapan semua informasi bisa didapatkan.

"Selama ini belum pernah dilakukan, hanya koordinasi-koordinasi secara interen dengan langsung mendatangi. Jadi kasi intel juga intensi langsung ke Kesbang, Dinas Pendidikan, ke Kepolisian, ke Kodim, namun secara resminya kita kumpulkan baru sekarang," ujarnya. 

Suhartono menabahkan, berdasarkan apa yang disampaikan beberapa pihak dalam rapat, bahwa saat ini di Kabupaten Sukamara belum ada indikasi yang mengarah terhadap kegiatan yang mengganggu ketertiban dan keamanan terkait aliran kepercayaan masyarakat.

"Dari beberapa yang disampaikan, untuk sampai saat ini belum ada indikasi yang mengarah kesana, cuman pernah ada dulu tetapi itu sudah tidak muncul lagi," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap berkoordinasi bersama unsur terkait pengawasan aliran kepercayaan masyarakat, sebagai upaya pihaknya untuk antisipasi sedini mungkin. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru