Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Langkah Pemerintah Mengendalikan Harga Pangan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 Januari 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI Margo Yuwono menyampaikan ada beberapa langkah pemerintah dalam mengendalikan harga komoditas pangan.

Langkah pertama yang dilakukan adalah memperkuat pengelolaan stok, terutama pada komoditas volatile foods atau komponen makanan bergejolak.

“Menjaga ketersediaan komoditas pangan yang dihasilkan dari luar daerah melalui kerjasama pengadaan pasokan antarprovinsi,” ungkapnya menyebutkan langkah kedua dalam rakor penanganan bersama pemerintah daerah secara virtual, Senin, 9 Januari 2023.

Dia melanjutkan, langkah terakhir menciptakan kemandirian pangan dan mengurangi ketergantungan impor bahan pangan dengan menciptakan barang substitusinya.

Seperti diketahui, inflasi merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian serius Pemerintah Provinsi Kalteng dalam beberapa bulan terakhir.

Pemerintah melakukan berbagai langkah penanganan, mulai dari penanganan jangka pendek dengan pasar murah sampai penanganan jangka panjang dengan menggerakan pangan lokal. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru