Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertamina Terapkan Dua Inisiatif Strategis Dukung Target NZE 2060

  • Oleh ANTARA
  • 21 April 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menerapkan dua inisiatif strategis untuk mendukung target net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

"Pertamina selama ini dikenal sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia. Kami memiliki peran strategis, yaitu memastikan ketahanan energi nasional. Namun, yang belum banyak diketahui publik bahwa Pertamina sangat serius mewujudkan bisnis yang berkelanjutan," ujar Direktur

Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) Fadli Rahman dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut disampaikannya dalam Indonesia Partner Country Hannover Messe Conference di Hannover, Jerman, Kamis (20/4).

Adapun dua strategi tersebut, yaitu melakukan dekarbonisasi bisnis saat ini dan membangun bisnis hijau.

Ada enam inisiatif bisnis hijau yang saat ini tengah dibangun Pertamina, yaitu produksi biofuels, pengembangan energi terbarukan, carbon sink, pengembangan hidrogen bersih untuk sektor transportasi dan industri, pengembangan baterai dan EV ecosystem serta perdagangan karbon.

Penurunan emisi pada lingkup 1 dan 2 di tahun 2060 dari keenam inisiatif tersebut diperkirakan mencapai 25-30 juta ton setara CO2 atau mengkontribusikan sekitar 2 persen terhadap aspirasi NZE nasional.

Produksi biofuels dilakukan di kilang-kilang Pertamina dengan target kapasitas mencapai 200 ribu barel per hari untuk hydrotreated vegetable oils (HVO) dan hydroprocessed esters and fatty acids (HEFA) pada tahun 2060.

Sedangkan untuk pengembangan hidrogen bersih ditargetkan mencapai kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun pada 2040. Pengembangan hidrogen bersih salah satunya bersumber dari geothermal yang dikelola oleh Pertamina NRE, salah satu subholding Pertamina.

Pertamina NRE juga berkolaborasi dengan sejumlah mitra strategis seperti Sembcorp, IGNIS, Keppel, Chevron, TEPCO, Krakatau Steel, dan Pondera dalam inisiatif pengembangan hidrogen bersih.

Berita Terbaru