Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Gelar Kontes Durian Lokal Unggulan

  • Oleh Norhasanah
  • 15 Juni 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar Kontes Durian Lokal Unggulan untuk pertama kalinya pada Kamis, 15 Juni 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Mini Sukamara di buka secara resmi oleh Bupati Sukamara, Windu Subagio dengan dihadiri oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural Provinsi Kalimantan Tengah sebagai dewan juri.

"Kontes durian lokal unggulan Kabupaten Sukamara ini baru pertama kali dilaksanakan. Maksud dilaksanakannya kontes ini adalah untuk melestarikan plasma nutfah tanaman durian unggul yang ada di wilayah Kabupaten Sukamara," kata Windu Subagio.

Sedangkan tujuannya tidak lain adalah untuk mencari varietas durian unggulan baru dan menyeleksi durian Lokal unggulan yang menghasilkan buah durian berkualitas untuk dijadikan sumber pohon induk.

"Yang diharapkan kedepannya akan kita kembangkan dan menjadi buah unggul andalan Kabupaten Sukamara," ucapnya.

Windu menjelaskan, bagi para juara kontes durian baik itu juara 1,2 dan 3 serta Harapan 1 sampai dengan harapan 3 nantinya pohonnya akan dijadikan pohon induk yang akan dikembangkan menjadi bibit, baik itu melalui okulasi, sisip maupun sambung pucuk.

"Maka dari itu kami berharap kepada para pemilik pohon durian yang menang nantinya agar dengan tulus ikhlas memelihara dan mengembangkan serta tidak menebang pohon duriannya," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/H)

Berita Terbaru