Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mentan-Wagub Kalteng Tinjau Lahan di Gunung Mas Terkait Food Estate

  • Oleh ANTARA
  • 23 Agustus 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah Edy Pratowo meninjau calon lahan "food estate" singkong di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas.

Mentan dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan dirinya menyetujui calon lahan "food estate" yang ada di Desa Dahian Tambuk tersebut.

"Harapannya ada 1.000 hektare lahan, tetapi sebagai tahap awal bisa dengan yang ada sekarang ini," terangnya.

Adapun calon lokasi "food estate" singkong tersebut memiliki luas 721 hektare yang terdiri dari Area Penggunaan Lain (APL) 610 hektare dan Hutan Produksi Konversi (HPK) 111 hektare.

Sementara itu Wagub Edy Pratowo memaparkan kunjungan Mentan tersebut untuk melihat alternatif ketahanan pangan di wilayah setempat.

"Ini salah satu bagian dari 'food estate:, kita lihat apakah itu nantinya dalam bentuk tanaman singkong atau jagung, di luar dari lokasi yang sudah ada," kata Wagub.

Desa Dahian Tambuk ini memiliki alternatif lain untuk pengembangan "food estate" selain kacang-kacangan.

"Sehingga diharapkan program ketahanan pangan kita itu tidak seperti yang digambarkan orang-orang lagi, karena sebenarnya programnya betul-betul berjalan," jelasnya.

Hingga pada akhirnya diharapkan program ketahanan pangan kita itu tidak seperti yang digambarkan orang-orang lagi, karena sebenarnya programnya betul-betul berjalan," imbuhnya.

Turut hadir mendampingi dalam peninjauan pada Selasa (22/8) yakni Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil dan Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi.

Berita Terbaru