Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Launching Aplikasi Srikandi dan Perpustakaan Digital i-Pulang Pisau

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 21 Desember 2023 - 19:15 WIB

ORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melakukan launching aplikasi Srikandi dan perpustakaan digital i-Pulang Pisau yang bertempat di aula Banama Tingang Setda Pulang Pisau. Kamis, 21 Desember 2023.

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani dalam kesempatan itu mengatakan bahwa managemen birokrasi mewajibkan adanya kontrol yang sistematis terhadap siklus administrasi pemerintahan yang dimulai dari penciptaan surat menyurat, penggunaan, pemeliharaan dan penyimpanan arsip sampai dengan pemusnahan arsip.

"Kementerian reformasi, Kominfo dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah menyiapkan aplikasi pengelolaan administrasi pemerintahan digital yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI)," ucapnya.

Lebih lanjut, pengelolaan administrasi pemerintahan akan terdokumentasi secara elektronik sebagai bukti akuntabilitas, alat bukti hukum, memori organisasi pemerintahan. Dengan penggunaan aplikasi Srikandi, diharapkan dapat membuat penyelenggaraan administrasi pemerintahan menjadi efisien dan efektif serta bermuara pada peningkatan kinerja.

Ia menjelaskan, acara tersebut merupakan wujud nyata dan komitmen Pemerintah Daerah dalam pengelolaan arsip nasional sebagai amanat UU No 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan Perpres No 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Dengan diterbitkannya surat Menteri pendayagunaan aparatur Negara Ni 679 Tahun 2020 tentang aplikasi Srikandi merupakan aplikasi yang menjadi tulang punggung serta penentu dalam pengelolaan pemerintahan berbasis elektronik," jelasnya.

Ia menambahkan, aplikasi Srikandi di Kabupaten Pulang Pisau kiranya dapat mewujudkan pengelolaan surat menyurat dan kearsipan yang ideal. Serta, untuk seluruh OPD, Kecamatan dan selurh komponen agar bersama-sama menggunakan dan mengsukseskan penerapan aplikasi Srikandi.

"Saya harap di Tahun 2024 mendatang, seluruh OPD dan Kecamatan dalam pengelolaan surat menyurat sudah menggunakan aplikasi Srikandi," tutupnya. (M PRADILA KANDI/j)

Berita Terbaru