Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan, Damkar Kobar Berbagi Tips Pencegahannya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Januari 2024 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Barat (Kobar), berbagi tips cara pencegahan agar ular tidak masuk rumah saat musim hujan seperti saat ini.

Plt Kadis Damkar dan Penyelamatan Kotawaringin Barat melalui Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sarana Prasarana Dwi Agus Suhartono menyampaikan, memasuki musim hujan, masyarakat tidak hanya diimbau waspada terhadap beberapa bencana. Misalnya tanah longsor, pohon tumbang, hingga banjir. Namun juga perlu waspada terhadap hewan, seperti ular, yang bisa membahayakan keselamatan. 

"Mulai awal bulan Januari 2024 sampai dengan hari ini, tim animal rescue Damkar Kobar sudah 5  kali menerima laporan dari warga untuk mengevakuasi ular yang masuk rumah warga, dan ini bisa mengancam keselamatan warga. Maka masyarakat harus waspada," ujarnya, Sabtu, 13 Januari 2024.

Kaboel sapaan akrabnya menjelaskan, penyebab ular memasuki rumah yakni karena ular menyukai area gelap, lembap, dan dingin di dalam rumah. Ular juga biasanya mencari hewan kecil, seperti tikus untuk makanan.

Untuk mencegah ular masuk ke rumah saat musim hujan, masyarakat bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Pangkas tanaman di sekitar rumah, Tanaman yang terlalu rimbun di sekitar rumah dapat menarik hewan kecil dan ular untuk bersembunyi di area tersebut. Sehingga penting bagi Anda untuk membersihkan area rumah secara rutin.

2. Tutup celah atau lubang, Selain itu, Anda juga bisa mencegah ular masuk ke rumah dengan menutup celah atau ventilasi luar, memastikan pintu dan jendela terpasang rapat, dan menyegel retakan dan lubang di sekitar fondasi. Lubang-lubang kecil di area ruang bawah tanah juga perlu ditutup rapat.

3. Rapikan barang dan peralatan di rumah, Merapikan barang yang menumpuk perlu dilakukan agar rumah tampak lebih rapi dan hewan seperti ular tidak datang untuk bersembunyi.

"Jika ular terlanjur masuk ke area rumah, segera menghubungi Tim Animal Rescue Damkar untuk proses evakuasi. Pihak Damkar akan melakukan pengecekan dan evakuasi hewan tersebut. Dalam proses evakuasi, petugas penyelamatan sudah dibekali dengan beberapa perlengkapan dan keterampilan khusus," terangnya. (DANANG/H)

Berita Terbaru