Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 44.270 Warga Kalteng Terdampak Banjir

  • Oleh Marini
  • 19 Januari 2024 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat ada 44.270 masyarakat Kalteng yang terdampak banjir. 

Banjir tersebut melanda 6 kabupaten/kota, yakni Barito Selatan, Murung Raya, Kotawaringin Barat, Barito Utara, Kapuas dan Palangka Raya. Mengakibatkan sebanyak 14,286 Kepala Keluarga (KK) dan 44,270 jiwa yang terdampak, berdasarkan data pada, Kamis, 18 Januari 2024 .

Kepala BPBPK Provinsi Kalteng Ahmad Toyib mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemantauan hasil laporan tim yang selalu sigap melakukan pendataan, pelaporan, bahkan membantu mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir.

"Tingkat kewaspadaan sangat penting diperhatikan, pada saat musim banjir saat ini. apabila debit air naik sudah merendam di sekitar permukiman ataupun rumah segera meminta pertolongan kepada tim evakuasi," katanya, Jumat, 19 Januari 2023.

Pihaknya juga melakukan berbagai upaya, antisipasi maupun kewaspadaan seperti menyediakan tim evakuasi, tim kesehatan, dan berbagai pihak lainnya. Untuk turut serta membantu masyarakat yang terdampak banjir di wilayah kabupaten maupun kota.

Dirinya memaklumi bahwa banjir awal tahun 2024 ini, akibat faktor cuaca yang terus-menerus hujan. Sehinggaz menyebabkan air menjadi naik dan meluap di sekitar permukiman warga. (MARINI/H)

Berita Terbaru