Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Menjaga Kebersihan Alat Dapur Bisa Mengakibatkan Penyakit Diare hingga Infeksi Saluran Kemih, lho....

  • Oleh Pathur Rahman
  • 22 Januari 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya drg Andjar Hari Purnomo mengimbau masyarakat Palangka Raya untuk menjaga kebersihan peralatan dapur guna mencegah terkontaminasi bakteri salmonella dan E coli yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, demam, dan infeksi saluran kemih.

Menurut drg Andjar, ada beberapa peralatan dapur yang paling banyak mengandung bakteri adalah serbet, talenan kayu, spons, dan blender, yang merupakan alat - alat yang saling digunakan masyarakat.

“Serbet dapat menjadi sarang bakteri jika tidak dicuci secara teratur. Talenan kayu juga dapat menampung bakteri dari daging mentah atau sayuran yang dipotong di atasnya. Spons dan blender juga harus dibersihkan dengan baik setelah digunakan,” ujarnya," Senin, 22 Januari 2024.

Untuk itu, drg Andjar menyarankan masyarakat untuk mencuci bersih serbet, talenan kayu, dan blender setiap kali selesai menggunakannya dengan air panas dan sabun untuk menghilangkan bakteri.

Selain itu, spons dapat dibersihkan seminggu sekali dengan menggunakan sabun anti bakteri atau direndam dalam air hangat selama 10 menit untuk mensterilkan kembali spons tersebut.

“Kebersihan peralatan dapur sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Jangan biarkan bakteri berbahaya mengganggu kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda cintai,” pungkasnya. (PATHUR/j)

Berita Terbaru