Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur: Rakyat Perlu Diberi Stimulan Usaha

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Juni 2016 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -- Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengungkapkan blak-blakan kepada wartawan terkait upaya dan kendalanya dalam mengelola Bumi Tambun Bungai ini, saat mengajak sahur bersama awak media. Ia menekankan pada sejumlah agenda besar kerakyatan yang akan dilakoninya.

Itu karena saat ini rakyat butuh sentuhan riil, program nyata yang membantu menopang usaha mereka, atau memberi stimulan kepada masyarakat lokal kelas bawah. Misalnya bantuan bibit, pupuk, serta pasca panen. Namun harus dikelola dengan manajemen bagus dan diawasi ketat, agar tidak laporannya saja yang bagus tapi fakta lapangannya meragukan karena di mark-up oknum, seperti yang sering terjadi sekarang.

Menurut dia, bagi pengusaha baik kecil maupun besar, merasa masih belum terasa betul andil pemerintah dalam memajukan ekonomi riil terutama penduduk pribumi. Yang ada sekarang, pengusaha berjalan sendiri, investor pun banyak datang dari luar karena yang di dalam negeri kurang diperhatikan sehingga sulit berkembang.

'Terus terang saja kalau dirasakan, apa sih bantuan pemerintah yang riil loh ya, kepada para pelaku usaha di Indonesia ini. Mereka berupaya sekuat tenaga dengan sendirinya, belum ada yang benar-benar tersistem. Perizinan saja berbelit kan, makanya presiden kan menekan agar perizinan agar dipersingkat. Nah, nanti saya juga akan geser badan perijinan terpadu satu pintu jika tidak mampu meringkas izin,' katanya.

Yang kedua, ia menaruh perhatian besar kepada sistem administrasi manunggal satu atap atau SAMSAT, agar pelayanan yang dikelola UPTD itu maksimal, termasuk perbaikan mekanisme jemput bola untuk pendapatan asli daerah. (ROZIKIN/*)

Berita Terbaru