Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Sampit Periksa Kelayakan Kapal Penumpang dan Barang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Desember 2016 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit memeriksa sejumlah kapal penumpang dan barang yang akan bertolak dari Pelabuhan Sampit, Rabu (21/12/2016). Mereka ingin memastikan kelayakan kapal dan keamanan sebelum melakukan pelayaran. Dengan begitu, semua penumpang dari Pelabuhan Sampit menuju Surabaya atau Semarang bisa sampai dengan selamat.

'Kami lakukan pemeriksaan terhadap keselamatam, pencegahan pencemaran perairan dari kapal, kesejahteraan awak kapal, manajemen keselamatan, dan juga garis muat,' ujar Kepala KSOP Sampit, Toto Sukarno, usai melakukan pemeriksaan kapal Kalimutu dan Kirana, Rabu (21/12/2016).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh mereka juga sudah sesuai dengan format yang berlaku di masing-masing departemen, yang melaksanakan pemeriksaan. Yang mana untuk kapal ada tiga, yakni departemen nautis, radio dan navigasi, serta teknis. Sedangkan untuk format pemeriksaan sendiri terkait statement of inspection dan sertifikat serta dukumen kapal, apakah valid atau tidak.

'Pemeriksaan kapal untuk memastikan kondisinya apakan sudah siap jalan atau tidak. Dan yang kami temukan dilapangan secara garis besar sudah siap,' ungkap Toto.

Sementara dalam menjelang natal dan tahun baru saat ini, tidak ada peningkatan penumpang yang berarti. Dimana pada keberangkatan saat ini paling banyak hanya 400 orang, dan rata-ratanya adalah 150 orang. Sehingga tidak ada permasalahan seperti arus mudik yang dipadati oleh warga untuk pulang ke kampung halamannya.

'Tidak ada peningkatan berarti untuk penumpang. Dan semua kapal juga sudah siap berlayar,' kata Toto.

Sedangkapan pada ada dua kapal yang diperiksa, yakni KM Kelimutu dari PT Pelayaran Indonesia (PELNI) dan KM Kirana I dari PT Dharma Lautan Utama (DLU). Kedua kapal tersebut akan melakukan pelayaran dengan rute Sampit-Semarang. Dari hasil pemeriksaan kedua kapal tersebut tergolong masih aman untuk melakukan pelayaran, meskipun ada beberapa temuan minor dalam pemeriksaan.

Seperti yang dikatakan Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Surya Negara mengatakan, berdasarkan pemeriksaan selama ini, kapal-kapal yang diberangkatkan dari Pelabuhan Sampit masih tergolong aman untuk melakukan pelayaran. Khususnya untuk kedua kapal yang diperiksa tersebut.

'Untuk temuan mayor juga belum ada, hanya kerusakan-kerusakan kecil yang masih bisa di toleransi,' ujarnya.(M. HAMIM/N).

Berita Terbaru