Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampulun Dare Menutupi Kepala Mantir Hai Panambahan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Januari 2017 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sampulun Dare yang berbentuk topi menjadi salah satu atribut Dayak yang dipakaikan oleh H Agustiar, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah kepada Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo, Selasa (17/1/2017) dalam penobatannya sebagai Mantir Hai Panambahan.

"Sampulun Dare yang digunakan khusus oleh orang-orang tertentu yang dihormati ini dihiasi dengan bulu Burung Tingang, burung yang disucikan oleh masyarakat Dayak," ungkap Agustiar.

Dikatakannya, burung yang melambangkan kebesaran dan kesetiaan ini memiliki warna putih di bagian atas bulunya yang melambangkan alam Tuhan yang penuh kesucian.

"Ada warna hitam di tengah yang melambangkan alam dunia yang penuh pertentangan dan permasalahan ini kemudian warna putih di bagian bawah adalah alam setelah kita kembali kepada-Nya," tuturnya.

Gelar ini diberikan kepada Gubernur BI serangkai dengan kegiatan upacara serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Tengah dari Plt Kepala KPw BI Setian kepada Wuryanto sebagai Kepala KPw BI Kalteng yang baru. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru