Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jamur yang Sehat, Kini Ada dalam Aneka Olahan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2017 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ide segar dicetuskan Herlina Rianty (30). Saat hampir semua restoran menyajikan olahan daging sebagai penganan mewah, Herlina justru berbalik jalur dengan membuat aneka olahan bebahan dasar jamur tiram yang dijual di Depot Venus.

"Depot Venus menyajikan beragam menu olahan jamur tiram putih. Mulai dari sate, burger, bakso bakar, sop bakso, pangsit goreng, nugget, es krim, nasi jamur, jamur krispi dan banyak olahan lainnya," kata pengusaha muda lulusan Teknik Kelistrikan Universitas Kristen Petra ini kepada Borneonews, Minggu (5/2/2017)

Ia melanjutkan, jamur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun satu hal yang penting untuk diingat bahwa tidak semua jamur bisa dikonsumsi. Hanya jenis jamur pangan saja yang bisa kita olah menjadi berbagai macam resep masakan jamur dan olahan jamur yang enak dan lezat, salah satunya seperti resep jamur crispy.

"Sebenarnya, jamur tiram bisa juga dibuat dalam berbagai macam resep masakan jamur, seperti resep jamur tiram kuah, jamur tiram asam pedas, jamur tiram goreng tepung dan lainnya yang sekarang juga sudah ada di Depot Venus. Tetapi di antara berbagai macam olahan jamur ini, yang paling mudah dan sederhana cara membuatnya adalah resep jamur tiram crispy yang enak dan renyah," tambah pemilik Depot di Jalan Nyai Undang Palangka Raya ini.

Herlina menambahkan jamur crispy merupakan menu yang paling banyak dipesan oleh pelanggannya lantaran rasanya yang enak dan unik. Sesuai namanya, makanan ini tentu saja menggunakan bahan utama jamur tiram yang dibalut tepung dengan bumbu-bumbu spesial lalu digoreng garing supaya rasanya renyah, gurih dan enak.

"Masakan jamur memang masih kalah populer dengan resep masakan ayam, resep daging atau resep masakan asli Indonesia yang lain. Mungkin ini dikarenakan bahan bakunya yang memang agak susah didapat dan biasanya jumlahnya pun tidak sebanyak ayam, daging atau bahan lain yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat luas," terang dia.

Sebenarnya, lanjut dia, kalau masalah rasa, aneka olahan dari jamur tiram juga tidak kalah enak dibandingkan dengan resep yang lain. Selain itu, kandungan gizi dan zat baik di dalam jamur tiram juga lumayan banyak dan dibutuhkan untuk kesehatan, seperti kadar protein yang cukup tinggi, kalsium, Vitamin B, karbohidrat, zat besi dan yang lainnya," kata dia. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru