Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres dan Pemkab Barito Utara Tandatangani Nota Kerja Sama

  • Oleh Ramadani
  • 05 Oktober 2017 - 19:24 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Polres Barito Utara diwakili Wakapolres Kompol Novianto Tarjono menandatangani nota kerjasama dengan pemerintah kabupaten yang diwakili Sekda Jainal Abidin. Proses penandatangan dilakukan di Aula Angrawina Jagratara, Polres Barito Utara, Kamis (5/10/2017).

Kerja sama itu terkait program pelatihan dan pembinaan calon anggota Polri tahun anggaran 2018.

Wakapolres mengatakan, pelatihan dan pembinaan calon anggota Polri tahun anggaran 2018 merupakan program dari Polda Kalimantan Tengah, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan penerimaan proaktif dari kepoliasian untuk menjaring putra-putri bangsa yang akan direkrut menjadi personel kepolsian.

'Siapa saja orang-orang yang dapat memenuhi syarat dalam penerimaan kepolisian dan pelatihan Tidak menuntut kemungkinan merupakan putra-putri yang duduk di kelas XI. Akan tetapi dapat juga dari kelas X dan XI,' ujar Novianto.

Ia melanjutkan, beberapa jenis latihan atau tes yang akan dilaksanakan oleh peserta atau calon Polri yakni tes fisik, psikotes, akademik, dan kesehatan. 'Apabila Polres Barito Utara tidak sanggup menyediakan atau menenuhi kekurangan dalam item-item tersebut, akan didatangkan dari Palangka Raya,' katanya.

Untuk itu, ia berharap Pemkab Barito Utara dapat mendukung kegiatan tersebut. Sehingga animo pendaftar Polri di Barito Utara meningkat. 'Pada tahun lalu dari 101 peserta, yang masuk hanya empat. Paling tidak pada tahun depan kita bisa menambah,' sebutnya.

Ia juga mengharapkan dukungan dari semua pihak karena  program pembinaan dan pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi peserta didik.

'Apabila kita menunggu lulus dulu baru mengikuti pelatihan, akan menunggu beberapa tahun terlebih dahulu. Namun, bila sudah mengikuti pelatihan mulai dari kelas X atau XI, peserta didik dapat memilih untuk masuk di STPDN atau akmil, akpol, bintara Polri, atau bintara TNI,' imbuhnya.

Pelatihan, lanjut dia, berpeluang sangat besar dan diharapkan dapat diikuti sehingga Polres Barito Utara bisa mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk menjadi anggota Polri. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru