Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kawin Suntik Tingkatkan Populasi Sapi di Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 01 Desember 2020 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Inseminasi buatan atau kawin suntik masih menjadi salah satu program  Dinas Ketahanan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan dalam meningkatkan populasi ternak sapi.

Untuk tahun 2020, program ini digulirkan pada dua Kecamatan di Kabupaten Seruyan yang selama ini di kenal sebagai sentra pengembangan sapi yakni Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan  drh Rita Ningsih mengatakan,  program kawin suntik merupakan upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk meningkatkan populasi dan mutu genetic ternak sapi.

 “Program ini bisa dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, sehingga bisa meningkatkan populasi sapi dan pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan peternak,” katanya, Selasa 1 Desember 2020.

Di jelaskan, kawin suntik merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa diandalkan dalam memperbanyak populasi ternak. Selain itu sangat dianjurkan dengan tujuan memperbaiki mutu ternak yang dihasilkan, sebab bibit berasal dari pejantan yang unggul.

“ Program ini dinilai lebih efektif dan efisien, karena bisa meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur. Selain itu mencegah terjadinya penularan atau penyebaran penyakit kelamin pada ternak sapi,” tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru