Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komitmen Tingkatkan Pelayanan dan Pengelolaan Pasar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 Desember 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengelolaan pasar. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkannya.

Bupati Lamandau, Hendra Lesmana mengaku telah melakukan kaji banding ke berbagai wilayah untuk belajar dan mengaplikasikannya, tujuannya meningkatkan pelayanan khususnya kepada para pedagang pasar. 

“Kota Yogyakarta sudah menerapkan sistem BLUD  pada Pasar Bringharjo khususnya lantai 2 dan 3. Untuk itu, melalui kaji banding tersebut diharapkan kedepan, Pasar Induk Nanga Bulik yang kita miliki saat ini juga dapat menerapkan sistem BLUD ini,” kata Bupati di Nanga Bulik, Sabtu, 10 Desember 2022.

Bupati menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dipenuhi dalam proses melengkapi persyaratan administratif untuk penerapan BLUD pada pasar, diantaranya adalah pemenuhan Renstra, Pola Tata Kelola dan SPM. 

“Di mana dari ketiga hal tersebut kami masih membutuhkan sharing pengalaman dan data sebagai pembanding dalam pengaplikasiannya dan disesuaikan dengan kondisi pasar kami yang kemudian akan disusun oleh DKUKMPP dalam bentuk Peraturan Bupati,” jelasnya. 

Bupati menembahkan, dengan sistem BLUD ini nantinya dapat mempermudah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dalam mengelola pasar, baik pedagang, maupun anggaran yang dihasilkan dari retribusi pedagang untuk kemajuan pasar. 

“Selain itu dalam pertemuan juga membahas beberapa agenda penting lainnya yakni  mengenai tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Pada intinya dalam  pertemuan ini  kami saling sharing mengenai hal-hal positif untuk kemajuan daerah,”  pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru