Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggilingan Padi Modern akan Dibangun di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 09 Januari 2023 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan membangun penggilingan padi modern atau yang biasa disebut Rice Milling Unit (RMU) di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kita akan bangun RMU, mesin penggilingan padi  modern. Lengkap dengan kemasan, gudang dan sebagainya. Tahun ini sudah dimulai" ujarnya, Sabtu, 7 Januari 2023.

Pembangunan RMU ini merupakan program dengan sumber dana bagi hasil dana reboisasi (DBH-DR) dari Dinas Pertanian Provinsi. Ini merupakan upaya Pemprov Kalteng untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di wilayah provinsi Kalteng.

Edy menambahkan nantinya hasil produksi padi dari Katingan, Pangkalan Bun, dan dari wilayah barat tidak perlu lagi dikirim ke Kalimantan Selatan. Penggilingan padi Kalteng akan terpusat di Kotim.

Pembangunan RMU di wilayah Kotim dinilai karena mempunyai posisi yang sangat tepat dan insfratruktur yang sangat baik. Nantinya pemasarannya juga akan dilakukan ke Pulau Jawa.

Untuk lokasi pembangunan RMU Wagub mengaku masih berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi. 

"Sudah ada beberapa alternatif lokasi tapi program ini sudah sudah dianggarkan di APBD Provinsi," ujarnya.

Wagub berharap dengan adanya RMU dapat menyetabilkan inflasi di Kalimantan Tengah. Ia juga mengapresiasi program Bupati pengadaan eksavator di seluruh kecamatan Kabupaten Kotim sebagai upaya meningkatkan produksi padi. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru