Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Tetap Siapkan Anggaran Cegah Inflasi

  • Oleh Ramadani
  • 29 Januari 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Muhlis mengatakan, meski dengan kondisi yang terbatas, namun pemerintah daerah tetap terus berupaya memenuhi apa yang diminta oleh pemerintah pusat.

“Seperti menyiapkan anggaran untuk menghadapi inflasi dan sebagainya sebesar 2 persen. Dari anggaran perubahan tahun 2022 sudah dianggarkan sedemikian rupa yang ada pada Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Disperindag, Dinas Sosial PMD dan Dinas Perhubungan,” kata Muhlis, Minggu 29 Januari 2023.

Dari pelaksanaan hingga akhir 2022, ternyata ada satu perangkat daerah yang sulit direalisasikan yaitu Dinas Perhubungan.  Karena ternyata untuk mensubsidi pelaku angkutan ini tidak mudah.

“Tujuannya sangat bagus sebenarnya, artinya masyarakat itu akan tetap menikmati tarif angkutan  yang lebih murah dan bersubsidi, namun mereka sangat hati-hati juga dalam menerapkan itu. Kalau tidak salah kemarin dianggarkan sebesar Rp 500 juta dan tidak terserap,” kata Sekda Muhlis.

Artinya tidak ada transportasi yang tersubsidi dari anggaran. Namun demikian tidak ada keluhan yang tinggi dari para pelaku atau masyarakat yang melakukan perjalanan yang keluar maupun ke dalam Kabupaten Barito Utara baik itu di angkutan travel maupun angkutan lainnya.

“Tidak ada keluhan-keluhan dari para penumpang yang akan melakukan perjalanan," kata Muklis.  

Inflasi di wilayah Kabupaten Barito Utara ini relatif bisa terkendali, artinya di beberapa komoditi itu malah ada kecenderungan dari hari ke hari menurun.

“Hanya ada beberapa yang agak meningkat yaitu telur dan daging ayam, hal itu menunjukan bahwa ketergantungan terhadap suplai dari luar cukup banyak, sementara penyediaan dalam daerah kita masih belum optimal, oleh karena itu program-program tersebut terus kita tuntaskan,” kata Muhlis.(RAMADHANI/H)

Berita Terbaru