Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Leonard S Ampung Ingatkan Pentingnya Transformasi Struktur Ekonomi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 November 2023 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappendalitbang) Kalteng, Leonard S. Ampung mengingatkan perlunya transformasi struktur ekonomi Kalteng.

“Transformasi struktur ekonomi penting untuk segera dipikirkan,” ungkapnya saat mewakili Sekda Kalteng dalam Konreg PDRB Provinsi Kalteng di Palace Ballroom Aquarius Boutique Hotel Sampit, Kotawaringin Timur, Kamis, 9 November 2023.

Leonard menjelaskan hal itu penting dengan mempertimbangkan dampak lingkungan akibat menekankan pada eksploitasi sektor primer seperti sumber daya alam dan pertanian (perkebunan).

Ia mencontohkan saat mengejar pertumbuhan ekonomi dan income per kapita tinggi, tetapi secara sadar atau tidak sadar merusak lingkungan, maka akan diikuti dengan permasalahan lingkungan dalam jangka panjang.

Langkah tersebut dapat berdampak terhadap ekologi, kerusakan lingkungan dan permasalahan sosial di kemudian hari, yang tentu saja social cost dan biaya recovery-nya akan lebih tinggi.

“Paradigma green growth economy memastikan semua hal bertumbuh dan berkembang secara simultan dalam segala aspek,” tuturnya.

 Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang inklusif, inklusivitas sosial, pengentasan kemiskinan dan environmental sustainability sebagai perwujudan tujuan pembangunan berkelanjutan. (HERMAWAN DP/j)

 

Berita Terbaru