Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kesadaran Untuk Bersama Melestarikan Hutan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Desember 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mendorong semua pihak agar dapat meningkatkan kesadaran untuk bersama melestarikan hutan.

Menurutnya, pelestarian hutan jangan sampai diabaikan karena hal itu sangat bermanfaat guna menjaga keseimbangan ekosistem didalamnya serta menghindari dari berbagai potensi bencana alam.

"Pemanfaatan potensi di hutan harus seimbang dengan pelestarian, ini perlu untuk diperhatikan supaya kesimbangan alam tetap terjaga dan dimasa akan datang bisa kembali dimanfaatkan," ujarnya, Kamis, 14 Desember 2023.

Dia mengungkapkan, selama ini sumber daya alam (SDA) di hutan banyak dimanfaatkan namun sedikit upaya untuk melestarikannya. Perbuatan seperti itu tentu akan dapat membuat keseimbangan alam menjadi terganggu.

"Misalnya hewan-hewan atau tumbuhan langka yang ada dalam hutan akan punah, dan resapan air berkurang, itu bisa membuat terjadinya banjir maupun tanah longsong. Jadi boleh memanfaatkan tapi diseimbangkan dengan pelestarian," tuturnya.

Dirinya berharap, baik itu masyarakat maupun perusahaan bisa senantiasa memperhatikan setiap aktivitas yang dilkukan. Kepatuhan menjaga serta melestarikan hutan sangat penting dalam rangka menjaga keberlangsungan alam.

"Kita harus bisa bekerja sama dalam upaya melestarikan hutan di wilayah Kalteng ini, jangan hanya berharap kepada pemerintah saja. Kita tentu menginginkan anak cucu dimasa yang akan datang juga bisa menikmati kekayaan alam yang daerah ini miliki," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru