Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMP Indah Makmur Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Nasional

  • Oleh Cecep Herdi
  • 18 Agustus 2016 - 21:44 WIB

SEKOLAH Menengah Pertama (SMP) Indah Makmur berhasil menyabet juara pertama dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Lomba itu diadakan oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

Keberhasilan sekolah swasta di bawah naungan perusahaan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari yang berada di lingkungan anak perusahannya, yaitu PT Gunung Sejahtera Dua Indah (GSDI) dan PT Gunung Sejahtera Yoli Makmur (GSYM) itu mampu mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat. Pasalnya, dari dua kategori yang diperlombakan, SMP yang berdiri sejak 2011 silam itu keluar sebagai SMP satu-satunya di Provinsi Kalteng yang lolos dan meraih juara satu di tingkat Nasional. "SMP Indah Makmur ini awalnya mengikuti perlombaan sekolah sehat di tingkat kecamatan dan kabupaten, kemudian menang juara satu. Diikutsertakan ke Provinsi dan menang lagi juara satu lagi, kemudian diikutkan ke tingkat nasional, alhamdulillah juara satu dari kategori Best Performance," ungkap Sekretaris Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sutowo, seusai mendampingi SMP Indah Makmur menerima penganugerahan piala dari empat kementerian di Hotel Grand Sahid Jakarta Selatan, Kamis (18/8/2016).

Sutowo menjelaskan, dalam kategori Best Performance itu, ada sekitar 26 item yang menjadi penilaian. Namun yang menjadi prioritas dalam penilaian selain lingkungan sekolah yang sehat, juga karakter siswa, dan dewan guru. "Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi, karena ini sangat membanggakan. Semoga SMP Indah Makmur menjadi SMP percontohan tingkat nasional dalam bidang sekolah sehat," ujarnya.

Dalam perlombaan sekolah sehat tingkat nasional itu, ada dua kategori yang diperlombakan yaitu sekolah kinerja terbaik (Best Performance) dan sekolah pencapaian terbaik (Best Achievement). Di mana para pemenang lomba sekolah sehat itu yang menjadi penentu kemenangan bukanlah kondisi sekolah, namun perilaku siswanya.

Kepala SMP Indah Makmur, Nur Fidiyati mengaku bangga atas prestasi yang diraih sekolahnya. Menurutnya, prestasi tersebut berkat dukungan dari Pemkab Kobar, khususnya Dinas Kehatan, Dinas Pendidikan, dan yang paling penting dukungan moral dan materi dari Yayasan PT Astra Agro Lestari. "Dari 24 Provinsi ada 93 sekolah yang mengikuti perlombaan sekolah sehat ini, allhamdulillah berkat kerja keras dan dukungan dari semua pihak, sekolah kami berhasil menjadi juara pertama," ungkapnya.

Dukungan perusahaan

Comunity Development Officer PT GSDI-GSYM, Suryono mengatakan, SMP Indah Makmur yang terletak di Desa Sei Bengkuang, Kecamatan Pangkalan Banteng memiliki 219 siswa. Mereka merupakan anak-anak karyawan perusahaan dan masyarakat desa sekitar, yakni dari Desa Nangamua, Kecamatan Arut Utara, Desa Umpang Kecamatan Arut Selatan, Desa Sungai Kuning serta Desa Sidomulyo Kecamatan Pangkalan Banteng.

Suryono menjelaskan, ratusan siswa tersebut diampu oleh 16 guru, termasuk kepala sekolah, Kemudian, ada tiga karyawan Tata Usaha, perpustakaan, dan tukang kebun sekolah. "Perusahaan selalu memberikan suport baik materil, sarana prasarana maupun bantuan pengembangan sistem pendidikan dengan memfasilitasi berbagai program pelatihan di bidang pengembangan potensi guru," jelas Suryono.

Administratur PT GSDI-GSYM, Wahyu Medici Ritonga juga mengatakan hal yang sama. Ia menambahkan, program pelatihan di bidang pengembangan potensi guru tidak hanya untuk guru sekolah internal. Namun juga untuk sekolah binaan yang ada di sekitar perusahaan.

Komitmen perusahaan

Sementara itu, Bupati Kobar Bambang Purwanto mengapresiasi prestasi SMP Indah Makmur. "Saya selaku pemerintah daerah mewakili seluruh masyarakat Kobar bangga dan mengapresiasi kerja keras dewan sekolah serta siswanya," jelas Bupati.

Bupati menuturkan, prestasi yang diraih SMP Indah Makmur ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dengan Pemerintah Kabupaten dalam mendidik karakter anak sejak dini. "Ini bagus dan penting, karakter anak harus dimulai sejak dini. Bukti inilah yang harus menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Kobar untuk bisa berprestasi di tingkat masional," tutup Bambang Purwanto. (CP/Adv/B-2)

Berita Terbaru