Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kamipang Tunggu Realisasi Pelabuhan Kereng Pekahi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Mei 2016 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah warga Desa Jahanjang, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah menanyakan realisasi terkait rencana pembangunan Pelabuhan Kereng Pekahi di Sungai Katingan desa itu.

"Memang sebelumnya kita ada dapat informasi kalau pemerintah akan membangun Pelabuhan Kereng Pekahi di desa kami ini. Tetapi sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda pelabuhan itu akan dibangun," sebut Maman, seorang warga Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Jumat (20/5/2016).

Menurutnya, rencana awal pembangunan Pelabuhan Kerenga Pekahi ini di Sungai Katingan, sekitar pelabuhan tradisional yang sudah ada sebelumnya.

"Tapi yaitu tadi sampai sekarang kita tidak tahu kapan pelabuhan itu dibangunnya," katanya.

Jika memang betul-betul akan dibangun pelabuhan, Maman mengaku warga Jahanjang dan sekitarnya menyambut gembira karena akan ada banyak peluang pekerjaan, seperti upah angkut barang, dan lainnya. Saat ini warga desanya tidak sedikit yang masih kesulitan usaha.

"Mata pencaharian warga desa kami adalah nelayan mencari ikan di Sungai Katingan ini, tapi akhir-akhir ini hasil tangkapan itu berkurang," katanya.

Sebelumnya Bupati Ahmad Yantenglie berjanji pemerintah bakal membangun Pelabuhan Kereng Pekahi di Desa Jahanjang itu.

"Pelabuhan Kereng Pekahi itu nantinya sebagai pelabuhan barang, dan saat ini jalan darat Jahanjang ke Kasongan sudah tembus dan bisa dilewati kendaraan baik roda dua, empat dan kendaraan berat lainnya," sebutnya saat itu.

Bupati Tenglie mengaku jika Sungai Katingan di Jahanjang ini masih cukup dalam, sehingga nantinya jika dibangun pelabuhan, maka kapal bertonase besar bisa sandar di daerah itu, meski musim kemarau sekalipun. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru