Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pusat Perbukuan Jadi Incaran LPMP Bantu Gembleng Guru

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Februari 2017 - 14:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Setelah prihatin kondisi perpustakaan sekolah-sekolah di Kalimantan tengah (Kalteng), lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Kalteng membidik Pusat Perbukuan untuk menggembleng para Guru di Bumi Tambun Bungai ini. Nantinya, akan berbentuk pendidikan dan pelatihan (diklat) penulisan maupun referensi.

Kenapa Pusat Perbukuan Kepala LPMP Krisnayadi Toendan menilai lembaga itu bisa membantu pengayaan untuk membuat karya tulis yang sampai ini menjadi kendala para tenaga pendidik dan kependidikan Kalteng. Ia menyoroti lemahnya produktifitas karya tulis ilmiah baik oleh siswa maupun dari guru.

'Kita berkeinginan menggandeng Pusat Perbukuan, agar memberikan pencerahan kepada guru-guru kita. Bagaimana guru pembimbing karya tulis bagus mengawal siswanya kalau dirinya tidak punya bekal lebih. LPMP ingin buat program diklat penulisan karya tulis,' tutur Krisnayadi dikonfirmasiBorneonews, Sabtu (25/2/2017).

Krisnayadi mengakui, dari tahun ke tahun kuantitas produk karya tulis ilmiah oleh guru-guru di Kalteng memprihatinkan. Bahkan keinginan untuk menulis diktat pembelajaran pun sangat minim.

'Dari tahun ketahun memprihatinkan kuantitas dan kualitas guru di Provinsi Kalteng ini untuk Karya tulis ilmiahnya. Tidak ada sumbangsih guru Kalteng menulis itu, apalagi menulis buku pembelajaran untuk anak didik di sekolah,' katanya.

Sebelumnya ia telah menyoroti rendahnya perhatian terhadap perpusatakaan sekolah. Kondisi perpustakaan sekolah menjadi ajang keprihatinan dirinya lantaran kurangnya perhatian dari pihak berkepentingan sehingga membuat fasilitas pendukung pendidikan itu kurang memadai dan terus dibiarkan. Padahal dimana-mana hal tersebut menjadi sentral dan prioritas utama karena berfungsi sebagai referensi baik guru maupun siswa. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru