Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Diminta Sediakan Lebih Banyak Ruang Publik Ramah Anak

  • Oleh Hendri
  • 02 Juni 2021 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya Shopie Ariany, meminta pemerintah setempat memprioritaskan ruang publik ramah anak sebagai perwujudan kota layak anak.

"Saat ini sedang dilakukan verifikasi lapangan untuk kota layak anak. Saran kami harusnya layanan pendidikan anak dan taman bermain jadi prioritas," katanya, Rabu, 2 Juni 2021.

Ruang publik ramah anak kata dia, menunjukkan adanya sifat dapat dinikmati dan diakses oleh semua pihak tanpa terkecuali, tanpa memperhatikan gender, usia, ataupun kemampuan fisik penggunanya.

"Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika ruang publik harus mampu merespon kebutuhan penggunanya melalui desain yang sesuai atau responsive," jelasnya.

Legislator Fraksi Perindo itu menyebut, lingkungan sekitar anak-anak merupakan tempat perkembangan hidup mereka secara fisik, sosial, dan mental.

Pengaruh lingkungan baik dari keluarga, teman, dan masyarakat akan menentukan bagaimana seorang anak dapat tumbuh.

Anak-anak juga harus mendapat perlindungan dan perhatian penuh ketika berada di dalam rumah sehingga dapat melakukan aktivitas dengan aman seperti belajar dan bermain dengan orang-orang terdekat.

"Ruang luar rumah harus dibentuk sebagai wadah yang sesuai bagi anak-anak untuk menunjang perkembangan mereka. Ruang-ruang tersebut harus dapat diakses dengan aman oleh siapapun," tutupnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru