Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara Lakukan Berbagai Gerakan Guna Atasi Sampah Rumah Tangga

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Agustus 2021 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukamara terus melakukan berbagai gerakan dalam upaya pengurangan sampah rumah tangga yang saat ini dinilai masih belum memadai.

"Kondisi saat ini pemilahan dan pengurangan sampah dari rumah tangga masih kurang memadai," kata Plt DLH Sukamara, Syamsir Hidayat, Rabu, 25 Agustus 2021.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga berbagai gerakan perlu ditingkatkan, melalui peranan tokoh masyarakat, kelompok swadaya masyarakat maupun pemerintah.

"Dalam penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya, dalam pengurangan sampah ini maka dimulai dari sumbernya, yaitu dari rumah tangga dan ini merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat," ujarnya.

Syamsir berharap dengan adanya TPS 3R dapat memperpanjang umur teknis tempat pemrosesan akhir sampah, karena sampah yang sampai ke TPA telah berkurang karena telah dipilah, sehingga dapat digunakan kembali dan yang lainnya sudah didaur ulang.

"Dengan adanya TPS 3R dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kebersihan lingkungan, serta melindungi kualitas udara dan polusi pembakaran sampah," tukasnya.

Di Sukamara saat ini telah memiliki TPS 3R di tiga tempat, yakni TPS 3R Pantai Jaya di Desa Sungai Cabang Barat, TPS 3R Permata Sukma di Kelurahan Padang dan TPS 3R di Desa Bangun Jaya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru