Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Target Penerimaan Daerah dari Sektor Perpajakan Perlu Dimaksimalkan

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Mei 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan target penerimaan daerah dari sektor perpajakan masih perlu dimaksimalkan untuk pembangunan.

Menurut dia, sektor perpajakan merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang memiliki potensi besar, sehingga pemda harus sebisa mungkin menggali potensi itu secara optimal, sebab anggaran untuk pembangunan diantaranya berasal dari pendapatan daerah.

"Potensi pajak dan retribusi di Kalteng ini sangat besar misalnya saja pajak air permukaan, kendaraan bermotor dan lainnya. Semua itu harus dimaksimalkan, jangan sampai luput dari perhatian, sebab daerah akan merugi," ucapnya, Jumat, 26 Mei 2023.

Dalam upaya memaksimalkan pendapatan dari sektor perpajakan sejumlah hal perlu diperhatikan, misalnya saja menjalankan perda yang telah ditetapkan terkait pajak air permukaan, dan memberikan kemudahan pada pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Selain itu, retribusi dari sejumlah sumber contohnya pada sektor pelabuhan, perlu juga dioptimalkan dengan meningkatkan sarana dan prasarana atau fasilitas pelabuhan yang ada di wilayah Kalteng ini hingga melaksanakan penggerukan beberapa daerah air sungai (DAS).

"Kita meyakini jika semua itu dapat dilakukan maka penerimaan daerah dari sektor perpajakan maupun retribusi ini akan terus meningkat dan pembangunan pun akan bisa terus berlanjut, pastinya kita akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan," tandasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru