Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Finalis Aba Ambo Kobar Kunjungi Borneonews

  • 28 Agustus 2016 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - 18 Finalis Aba dan Ambo Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengunjungi kantor redaksi dan bagian produksi Borneonews di bilangan Jalan Antasari, Kelurahan Mendawai, Arut Selatan. Sabtu (28/8/2016).

Para finalis diterima langsung oleh Head of Media Tanjung Lingga Group, Yohanes S Widada dan Redaktur Pelaksana Borneonews Asep Nur Zaman. Dalam kesempatan itu, mereka ditunjukkan bagaimana proses pembuatan surat kabar. 

Didampingi Asep, para finalis Aba dan Ambo Kobar ditunjukkan proses percetakan sebuah surat kabar dari awal hingga akhir. Mulai proses pracetak, cetak di mesin, hingga proses pengepakan koran. 

Tidak sedikit di antara finalis yang berdecak kagum melihat proses pembuatan koran itu. Mereka baru tahu bahwa koran yang mereka baca sehari-hari memerlukan proses panjang dan cukup rumit. 

"Setiap hari saya baca koran, tapi baru tahu kali ini proses pembuatannya. Ternyata prosesnya panjang sekali dan harus melalui berbagai tahapan yang rumit," kata salah satu finalis Aba dan Ambo Kobar, Savira Damayanti.

Siswi SMAN 1 Pangkalan Bun itu mengaku terpukau pada proses pracetak koran. Mesin pelat yang digunakan ternyata sudah menggunakan teknologi yang sangat canggih. 

"Membuat pelat sebelum dicetak ke mesin percetakan juga jauh dari bayangan saya. Prosesnya mirip mencuci klise pada film foto, namun dengan teknologi yang jauh lebih canggih," ujarnya tersenyum. 

Kekaguman juga dikatakan Panji Ramadhan, finalis lainnya. Mesin percetakan koran sangatlah canggih dan memiliki kerumitan tersendiri. 

"Ini pengalaman pertama saya melihat mesin percetakan. Ternyata rumit sekali proses percetakan koran itu," ujarnya. 

Panji mengaku bersyukur karena menyaksikan langsung proses asli dari berita yang sering ia baca di media cetak. Menurutnya, manajemen media masa memiliki proses yang benar-benar menunjukkan profesionalitas kerja jurnalis. Dari Sebuah pencarian berita kemudian masuk ke dalam dapur redaksi hingga sampai ke tangan pembaca. (FAHRUDDIN/m)

Berita Terbaru