Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemadaman Listrik Harus Sesuai Jadwal

  • 31 Januari 2016 - 19:18 WIB

KETUA Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Abdul Kadir meminta agar jadwal pemadaman bergilir yang dikeluarkan PLN Rayon Sampit harus konsisten dan ditaati. Sehingga masyarakat sebagai pelanggan tidak dirugikan.

"Seringkali jadwal pemadaman bergilir tidak sesuai dengan sosialisasi (PLN) di media massa, sehingga masyarakat sering dirugikan," kaluh dia saat dihubungi <Borneonews>, Minggu (31/1/2016).

Bahkan, lanjut dia, pemadaman yang tidak beraturan itu menyebabkan gangguan serius pada usaha mikro kecil menengah (UMKM), sektor industri, aktivitas perkantoran pemerintah dan swasta. Kadir mengaku banyak menerima pengaduan soal keluhan masyarakat yang kecewa dengan pemadaman listrik akhir-akhir ini.

"Masyarakat juga menyampaikan keluhan kepada kami, oleh karena itu PLN harus tanggap, jangan sampai muncul opini pemadaman ini menjadi tradisi PLN," ujar dia.

Politisi Partai Golkar itu berharap PLN bisa membuat inovasi agar pemadaman yang terjadi tidak lewat dari jadwal yang sudah ditetapkan. "PLN harus membuat suatu inovasi untuk mengantisipasi agar pemadaman listrik tidak terjadi lagi. Jangan setiap bulan selalu muncul alasan klasik, harus ada jalan penyelesaian," tegas dia.

Ditemui terpisah, Kepala PLN Rayon Sampit Ginter Theo Limin mengatakan secara umum wilayah Kalteng dan Kalsel akan bebas dari pemadaman listrik mulai Agustus 2016 atau enam bulan ke depan. Pasalnya, cadangan daya listrik saat itu sudah tercukupi.

'Saat ini daya listrik Sistem Kelistrikan Barito yang melayani Kalteng dan Kalsel hanya sebesar 480 Mega Watt (MW) dengan beban puncak yang mencapai 500 MW. Sehingga ketika dilakukan pemeliharaan pembangkit dipastikan ada pemadaman karena kurangnya daya listrik," terang dia. (RF/B-8)

Namun, saat nanti PLTU Pulang Pisau beroperasi ditambah Excess Power total daya listrik 275 MW ditambah daya listrik 480 MW, total daya sebesar 755 MW. Sehingga ketika beban puncak daya listrik masih mencukupi bahkan ada cadangan daya. (RF)

JARINGAN LISTRIK : Seorang petugas memperbaiki jaringan listrik. Pemadaman listrik bergilir diharapkan sesuai dengan jadwal yang sudah diumumkan PLN, agar masyarakat sebagai pelanggan tidak dirugikan.

Berita Terbaru