Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Dukung Pengembangan Usaha Perikanan

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Agustus 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jainudin Karim mendorong pemda di Kalteng melalui instansi terkait supaya dapat mendukung pengembangan usaha masyarakat di bidang perikanan.

Menurutnya, dukungan sangat penting diberikan agar usaha yang dijalankan masyarakat bisa maju dan berkembang serta mampu menjadi salah satu penyangga kebutuhan daerah maupun meningkatkan kesejahteraan.

"Banyak kalangan masyarakat yang memiliki usaha dibidang perikanan, dan itu perlu didukung secara maksimal. Dampak positif dari dukungan itu tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha itu sendiri saja, tapi juga daerah dari segi ketahanan pangan," ucapnya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Dia mengatakan, saat ini ada banyak masyarakat yang tengah berusaha mengembangkan usaha budidaya ikan lokal seperti gabus, papuyu dan lain-lain. Namun, dalam usaha ini masih terdapat kendala yang dihadapi oleh masyarakat sebagai pelaku usaha tersebut.

"Contohnya saja dalam hal pengembangbiakan, ini masih belum bisa dilakukan secara maksimal. Kebanyakan masyarakat membudidaya ikan lokal untuk mendapatkan bibit itu harus mencari ke sungai-sungai, tidak secara langsung dari yang dipelihara," ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya agar masyarakat dapat maksimal dalam melakukan metode pengembangbiakan ini perlu mendapat dukungan pemda baik itu pelatihan maupun pendampingan serta yang terpenting yakni bantuan alat atau sarana yang memadai.

"Membudidayakan ikan lokal ini tentu memiliki potensi, dan masih sedikit yang melakukannya. Misalnya saja ikan gabus, itu banyak dicari apalagi bagi mereka yang pasca operasi. Jadi, potensi ini harus bisa dioptimalkan dengan dukungan pemda," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru