Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Walau Tidak Ada Gunung Berapi, Gempa Bumi Tetap Berpotensi Terjadi di Pulau Kalimantan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Oktober 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun di Pulau Kalimantan tidak terdapat gunung berapi, namun bukan berarti wilayah tersebut luput dari kejadian gempa bumi.

Kepala BMKG Kelas III Iskandar, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Aqil Ihsan, Senin, 30 Oktober 2023 menjelaskan, potensi gempa teknonik di Pulau Kalimantan tetap masih ada.

"Lantaran di Pulau Kalimantan terdapat sesar aktif dan beberapa kali sudah terjadi gempa. Namun  intensitasnya selama ini biasanya kecil rata-rata dibawah 5 Magnitudo," jelas Aqil Ihsan.

Aqil Ihsan mengatakan, sesar aktif adalah sesar atau patahan yang memiliki aktifitas pergeseran atau pergerakan yang aktif terjadi. 

"Pergerakan sesar aktif inilah yang mampu memicu terjadinya gempa bumi. Sehingga walaupun tidak ada gunung berapi di Kalimantan, namun pergeseran akibat patahan pada kerak bumi masih bisa terjadi, seperti gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Kotim," jelas Aqil Ihsan.

Gempa bumi bukan hanya terjadi dari  aktivitas vulkanik atau dari pengaruh gunung berapi, namun juga bisa terjadi akibat adanya pergeseran lempeng bumi.  (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru