Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pengembangan Kawasan Ekonomi Terpadu di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Maret 2024 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mendorong pengembangan kawasan ekonomi terpadu di Kalteng dalam rangka untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) agar lebih baik.

Sudarsono mengatakan, mengembangkan kawasan ekonomi terpadu penting, hal ini sebagai konsep penggarapan nilai tambah pemanfaatan SDA, baik itu pada bidang pertanian maupun perkebunan.

"Kita bicaranya progres ke depan, jadi pengembangan kawasan ekonomi terpadu ini tidak akan lepas dari upaya pemerintah mendorong percepatan pembangunan daerah," ucapnya, Jumat, 8 Maret 2024.

Sudarsono mengungkapkan bahwa, sampai saat ini produk SDA yang ada baik rotan, karet, kayu, sawit dan lainya khususnya di wilayah Bumi Tambun Bungai kebanyakan masih dijual berupa barang mentah atau setengah jadi.

Artinya bahan baku atau potensi SDA di Kalteng sangat memadai, sehingga konsep pengembangan perlu diperkuat supaya potensi tersebut dapat memiliki nilai tambah, baik untuk daerah ataupun masyarakat.

"Yang pasti dampaknya luas kalau bisa dimanfaatkan dengan maksimal, sebab dengan adanya kawasan industri terpadu diharapkan segala potensi SDA mampu meningkatkan pendapatan asli daerah," ujarnya.

Selain itu, adanya kawasan ekonomi terpadu ini juga dapat membuka lapangan kerja dan lapangan usaha baru bagi masyarakat Kalteng. Sehingga, seiring berjalannya waktu, hal itu akan berdampak baik bagi semua lini.

"Adanya kawasan ekonomi terpadu ini, maka diharapkan Kalteng tidak hanya sebagai konsumen tapi juga bisa menjadi produsen. Saya rasa pemda terutama Provinsi Kalteng bisa mewujudkan itu," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru