Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daftar Tunggu Jamaah Calon Haji di Kabupaten Kapuas Capai 6.677 Orang

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 November 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, H Asyhadi menyampaikan daftar tunggu jamaah calon haji Kabupaten Kapuas tercatat sebanyak 6.677 orang.

"Daftar tunggu sebanyak 6.677 orang data hingga 11 November 2020. Dan estimasi keberangkatan yakni 25 tahun masa tunggu berdasarkan data input di Aplikasi SISKOHAT Kementerian Agama," kata Asyhadi, Rabu, 18 November 2020.

Dia menambahkan, informasi seperti ini harus di sampaikan kepada masyarakat, sehingga tidak ada lagi info-info yang tidak valid, seperti bisa mempercepat keberangkatan jamaah calon haji.

“Kuota yang diberlakukan di Kalimantan Tengah itu kuota provinsi, bukan kabupaten. Maka daftar tunggunya di semua kabupaten/kota se Kalimantan Tengah sama yaitu 25 tahun," jelasnya.

Asyhadi menjelaskan, untuk jamaah haji Kabupaten Kapuas di tahun 2020 sebanyak 406 orang dengan rincian 350 sudah melunasi, 52 orang menunda dan untuk jamaah haji cadangan yang melunasi sebanyak 13 orang. Sementara jamaah calon haji yang meninggal dunia sebanyak 4 orang.

"Tolong informasi ini mohon disebarkan kepada masyarakat dengan benar pastikan tidak kurang dan tidak dilebihkan," ucapnya.

Sebelumnya, Plt Kasubdit Advokasi Haji Kementerian Agama RI HM Arffan Rangkuti menyampaikan gerakan edukasi menyangkut ibadah haji harus dilakukan dengan tujuan agar tidak ada informasi salah ke masyarakat.

"Informasi yang disampaikan kepada masyarakat diharapkan dengan benar dan valid," ucap Arffan.

Pihaknya juga mengharapkan ke depannya agar pelaksanaan manasik haji dapat dibedakan berdasarkan klaster, misalnya lanjut usia, pendidikan, dan disabilitas apabila ada. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru