Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Wacana Pendirian Pabrik Es

  • 15 Maret 2016 - 19:57 WIB

DINAS Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pulang Pisau tahun ini akan membangun pabrik es di Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala untuk memenuhi kebutuhan nelayan daerah pesisir.

'Hingga kini ketersedia'an es menjadi kendala bagi nelayan karena harus mencari dari luar, karena di Bahaur tidak ada pabrik es, sehingga menyulitkan mereka untuk menampung hasil tangkapannya,' ujar Agus, Anggota DPRD Pulang Pisau.

Agus berharap rencana itu segera direalisasikan. 'Hingga kini di sana belum ada pabrik es balok'an untuk mengawetkan ikan.

Harapannya pabrik es segera dibangun sehingga ikan tangkapan nelayan bisa tetap segar dalam waktu lama,' ucap politisi PPP ini.

Setahu Agus, selama ini para nelayan melepas ikannya kepada pengepul dan transaksi penjualan ikan terjadi saat nelayan ada di laut.

'Hanya sesaat setelah nelayan menangkap ikan. Akibatya harga jual ikan relatif murah dan itu kerug'ian bagi mereka,' ujarnya.

Dia mengaku sudah beberapa kali turun ke Bahaur. Intinya warga pesisir minta diperhatikan, khususnya soal penyediaan pabrik es.

Agus mengatakan ikan segar asal Kahayan Kuala saat ini menjadi incaran para pengepul dari Banjar'ma'sin, bahkan hingga Jawa karena kualitasnya sangat bagus.

'Kalau ada pabrik es maka ikan tangkapan nelayan bisa diamankan di darat terlebih dulu. Lalu dipilih mana yang berkualitas dan punya nilai jual tinggai yang bisa dijual ke Palangka Raya. Apalagi jenis udang, ikan tenggiri, ikan cakalang punya lumayan bagus dan besar dibandingkan deng'an daerah lain,' ujarnya. (DY/B-6)

Berita Terbaru